01 February 2013

Memperlakukan TA seperti proyek :)

Gambar berikut saya ambil dari buku berjudul Menulis Laporan Teknik, yg ditulis oleh Pak Purbo-hadiwijoyo, di thn 1993. Dlm buku tsb beliau menekankan bahwa proses menulis laporan tdk bisa instan san butuh latihan dan repetisi. Dari buku tab pula, saya mendapat pesan bahwa tugas akhir jg dpt diperlakukan seperti proyek. Kalau kita bisa tertib kalau mengerjakan proyek tapi sering "menghilang" kalau urusan TA (bisa skripsi atau tesis ya).

Mengapa bisa dianalogikan seperti proyek? Pertama karena durasinya akam mirip, yakni sekitar 8 bulan dlm siklus kerja selama setahun. Kalau utk level S2 ekivalen dgn 4 bulan efektif per semester dikali 4 semester sehingga total 16 bulan. Ambil saja 15 bulan supaya mudah. Sepanjang itulah waktu kita utk memulai meimikirkan topik, metode dan lokasi T A kita.

Dalam skema ini sigambarkan adanya update status proyek yg biasanya berkaitan dgn termin pencairan dana. Menurut saya milestone ini bisa dianalogikan dgn ujian proposal, seminar/kolokium atau bisa jg dlm bentuk makalah yg kita sampaikan si berbagai pertemuan ilmiah. Tinggal diplot saja kapan deadline pemasukan abstrak IaGI/IPA atau forum-forum ilmiah lainnya. Tiap-tiap event berisi update status TA lita. Saya pikir pola ini memenuhi prinsip perbaikan berkelanjutan. Beberapa kilega di LN jg melakukan hal yg sama. Tesis atau disertasi sejatinya merupakan rangkuman dan penghalusan dr beberapa paper mereka dlm seminar atau konferensi. ujungnya diakhiri dgn penrbitan makalahnya dlm jurnal bereputasi baik. Demikian sekilas pola pikir saya. Silahkan dicoba atau malah dibantah. Seperti biasa ini adalah berbagi bukan menggurui. Salam @d_erwin_irawan

Post a Comment