06 October 2012

Why geologists must understand fluids

Dr bbrp kuliah yang saat rapat terakhir dibahas urgency-nya, salah satunya adalah Geofluida. Saya melihat MK ini tidak overlap dengan kuliah lain, dan menurut saya wawasan fluida ini penting untuk disampaikan kpd mhsw dengan pertimbangan (berdasarkan silabus, SAP, dan realisasi SAP):

1) Silabus menerangkan bahwa kuliah ini melingkupi MK MK dasar seperti petrologi, sedimentologi, geologi struktur. Karena proses geologi salah satunya akan dikendalikan oleh fluida (mohon tidak diartikan sebagai hanya air tanah)

2) Berdasarkan realisasi SAP saya melihat muatan matematika, persamaan hidrolika menjadi salah satu core dr MK ini. Sehingga dapat memberi wawasan kuantitatif untuk mhsw, selain dari MK Komputasi Geologi. Selain itu muatan matematis akan mendukung pemenuhan kriteria ABET.

3) Bahwa di univ LN lain, juga ada yang memberikan MK Geofluida, misal Univ Maryland

4) Berdasarkan evaluasi saya thd para mahasiswa, wawasan mereka mengenai pergerakan fluida masih perlu ditingkatkan.

Demikian pandangan saya berdasarkan dokumen yang ada. Semoga bermanfaat.
Dasapta Erwin Irawan
Applied Geology Research Group, Institut Teknologi Bandung
Indonesia
"Water is the driver of nature-LdV"

No comments: