24 January 2013

Research statement


Istilah di atas merupakan istilah yg umum dipakai dalam literatur luar negeri mengenai riset, apapun bentuknya. Istilah lainnya yg juga populer adalah research question. Dua-duanya sama maknanya adalah masalah apa yang akan dijawab dalam suatu riset. Point ini penting dalam tahap proposal. Khusus mengenai proposal ada artikel menarik yang disajikan terpisah.

Kami melihat dua terms ini sebagai satu kesatuan. Permasalahan riset harus dirumuskan serinci mungkin agar riset menjadi terarah. Agar mudah masalah diformat ke dalam bentuk pertanyaan. Berikut beberapa contohnya:
-- bagaimana kondisi geologi daerah X
-- satuan batuan apa saja yang menyusun formasi X
-- di manakan batas daerah imbuhan sist air tanah mata air X
-- parameter apa yang secara dominan menyebabkan longsor di kawasan X

Bila dilihat, pertanyaan-pertanyaan di atas cukup rinci untuk dijawab dalam riset. Berdasarkan pertanyaan itu pulalah, seorang peneliti menentukan metode apa yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Pada akhirnya bila metode sudah dipilih, maka estimasi biaya, waktu dan tenaga dapat dihitung dengan lebih pasti.

Dengan contoh di atas, diharapkan pembaca dapat lebih memahami arti research statement. Menurt kami oula, sejak tahap sarjana, mahasiswa diharapkan (baca diwajibkan) mampu merumuskan pertanyaan risetnya. Meski akan memiliki banyak kekurangan tetapi hendaknya menjadi media pembelajaran sebagai periset pemula.

Selamat menikmati artikel ini. Tujuan kami tidak lain adalah untuk bebagi bukan menggurui. Mohon komentar dan masukannya.

Salam
@d_erwin_irawan



Post a Comment