15 February 2014

The one with the email reply

I am very sorry for posting it in Indonesian Language, because it was originally a n email reply to a student, asking how did I write (nearly everyday).
———————————————————————
Sama-sama, semoga email reply ini bermanfaat. Saya membagi (sharing) bukan hanya untuk anda semua, tapi juga untuk saya sendiri. Supaya saya juga tidak berhenti mencari. Jangan dikira, saya tidak nonton TV dan mengikuti serial TV. Anda tahu serial Mentallist atau Bates Motel? itu sudah habis saya tonton. Utk video games, saya memang bukan gamers. Tapi kalau anak saya mengajak main games lucu-lucu (bahkan nge-dance di Nintendo Wii), saya juga pasti tidak menolak, walaupun badan habis keringetan.
Hanya saja, berapa jam sih kita nonton dalam 24 jam total sehari. Pastinya kan tidak 100%. Kita hanya perlu memastikan bahwa saat kita tidak nonton TV atau video games, kita memikirkan kegiatan utama kita… Riset kita. Mohon diingat ya, fokus saja ke riset anda. Kuliah akan mengikuti. At least itu terbukti untuk saya. Seperti yang sering saya sampaikan, arahkan semua tugas kuliah, pertanyaan kuliah ke rencana riset anda. Tapi saya sering juga bilang, buat dua rencana riset. Everyone must have at least onePlan B right.
Utk blogging. ini juga cara saya untuk stay awake. Saya sering sampaikan kepada mahasiswa saya, “bagaimana mana sih agar kita bisa dikenal orang?” (in a good way pastinya ya). Saya sambung:
Kondisi 1 — “kalaupun ganteng atau cantik, kita bukan tipe yang camera face, kalaupun lucu tapi pastinya masih malu-malu (yang masuk TV adalah yang lucu dan tidak tahu malu :-))
Kondisi 2 — “kalaupun kita bisa main musik, pastinya juga tidak berkembang pesat karena “disambil” jadi mahasiswa atau dosen”
Jadi kembali lagi, bagaimana agar kita “yang orang universitas” ini bisa dikenal. Satu-satunya yang masuk akal adalah dengan “menulis”. Mengapa saya beri tanda ” “, karena menulis sangat luas. Salah satunya adalah dengan blogging. Silahkan mulai “nge-blog” dengan platform yang mudah: WordPress(punya Yahoo) atau Blogger (punya Google). Tulis apa saja for a start, tapi selipkan materi riset anda. Satu paragraf saja. Salah satu mahasiswa S2 Prodi Teknik Air Tanah, sudah mulai menulis di ForumAnakbertanya.
Kalau sudah terlatih, bahkan email ini bisa juga jadi blogpost (tentunya setelah diedit dengan menghilangkan yang privacy).
Ok. Just do It (kalau kata sepatu mah)
:-)
Salam @d_erwin_irawan
(ilustrasi dariwww.intelligentbee.com)

No comments: