19 March 2014

[scientific network] SIPKD Dikti vs ResearchGate

Portal SIPKD Dikti masih non aktif. Kehebohan para dosen menjelang tgl 28 Feb kemarin sudah jauh menghilang. Dan portal itu pun masih non aktif.

Bagaimana kalau dibandingkan portal data saintifik lainnya? Semisal Research Gate (RG) (www.researchgate.net) atau jejaring profesional LinkedIn (www.linkedin.com). Mungkin lebih cocok dibandingkan dengan yang pertama. Jangan ditanya anggota ya, kalau SIPKD Dikti masih lingkup nasional, sementara RG lingkup internasional dengan anggota belasan juta (persisnya bisa akses websitenya).

SIPKD sementara ini yang saya lihat, hanya bersifat pasif menerima input data dari para dosen. Sementara RG (buatan Thomson Reuters) selain berfungsi sebagai repositori juga mengolah data serta skor para anggotanya berdasarkan kontribusinya kepada sesama komunitas anggota. RG menyebut skor ini sebagai RG Score. Masing-masing anggota dinilai berdasarkan kontribusinya: berapa jumlah upload papernya, berapa jumlah sitasinya, apakah ybs pernah menjawab pertanyaan dari anggota lainnya, apakah ybs di-endorse atau pernah meng-endorse keahlian anggota lainnya.

Dengan demikian peringkat para peneliti tidak ditentukan berdasarkan berapa lama ia menjadi anggota RG melainkan seberapa besar perannya membantu peneliti lainnya. Di sini, peneliti bisa dengan "bebas" mendownload makalah peneliti sejawat atau me-request full text dari penulisnya langsung, atau bahkan konsultasi bila ada yang tidak dimengerti. Kurang apa lagi.

Selain RG pastinya ada komunitas ilmiah lainnya seperti ResearchID, Academia, masing-masing punya plus minus. Kebetulan saja saya sudah nyaman dengan RG.
{@dasaptaerwin}
Post a Comment