20 July 2015

Series about decision tree


Dear Readers,

Good morning and Eid Mubarak to all moslem brothers and sisters. I will be writing this post in Indonesia language, along with some English quotation.

I met "Prana Ugi" a keen statistician from Medan (the capital of North Sumatera). He's working a lot with SPSS on various subjects. What can I say, he was graduated from math and statistics program. No wonder huh. Today we'll be covering on the decision tree subjects. R codes will be developed later based on this (or these) post (or posts).

This first draft would still be a QA session between Prana Ugi and I. We will develop the text shortly.

# First post 




The QA was:

Me:
Seandainya ada banyak kolom ttg riwayat penyakit, apakah bisa menghasilkan risiko rendah sedang tinggi. Jadi yg bilang risikonya sebesar apa, adalah data. Seperti itu sepertinya data yg saya kirim tempo hari.


Prana Ugi:
Pak Dasapta Erwin Irawan => dari data excel yang bapak kirim, Ugi bingung pak untuk menentukan, kolom (variabel) mana yang dependen dan independen. Dari data excel bapak dimulai dari kolom A (no), sampai kolom AE (lag1). Boleh diberi keterangan pak, kolom yang berupa dependen dan independen.

Me:
Menurut saya yang independen hanya koordinat. kolom yang lain akan saling dependen kepada kolom yang lain. Skenario saya justru bagaimana mencari yang terkuat.


# Second post



no comment


# Third post



Me:
Proses learningnya apakah menggunakan prinsip regresi?

Prana Ugi:
Pak Dasapta Erwin Irawan => Ada banyak algoritma untuk menginduksi (membuat) pohon keputusan (decision tree), seperti: CART (C&RT), ID3, C4.5, SLIQ, SPRINT, QUEST, DTREG, THAID, CHAID, dan sebagainya. Pada CART, Metode klasifikasi CART terdiri dari dua metode yaitu metode pohon regresi dan pohon klasifikasi. Jika variabel dependen yang dimiliki bertipe kategorik maka CART menghasilkan pohon klasifikasi (classification trees). Sedangkan jika variabel dependen yang dimiliki bertipe kontinu atau numerik maka CART menghasilkan pohon regresi (regression trees). Pada Gambar yang Ugi posting, variabel dependennya bersifat kategori.
Prana Ugi Classification and Regression Trees (CART) adalah salah satu metode atau algoritma dari teknik pohon keputusan. CART adalah suatu metode statistik nonparametrik yang dapat menggambarkan hubungan antara variabel respon (variabel dependen) dengan satu atau lebih variabel prediktor (variabel independen). Menurut Breiman dkk (1993), apabila variabel respon berbentuk kontinu maka metode yang digunakan adalah metode regresi pohon (regression trees), sedangkan apabila variabel respon memiliki skala kategorik maka metode yang digunakan adalah metode klasifikasi pohon (classification trees). Semoga bermanfaat pak, diskusinya.

# Forth post



Data Mining, Concepts, Models, and Techniques
By: Florin Gorunescu, Springer

no comment

# Fifth post


Prana Ugi:
Alhamdulillah, proses perhitungan manual Classification and Regression Tree (CART) dengan algoritma ID3 (iterative dichotomiser 3) dan C4.5 dengan kriteria entropy (impurity) selesai. Algoritma diimplementasikan ke Excel berhasil, sekarang pindah ke R, semoga ada package-nya, kalau nggak ada, buat sendiri. 

Me:
coba R package berikut:
- CARET (https://cran.r-project.org/web/packages/caret/index.html),
- RPART (https://cran.r-project.org/web/packages/rpart/index.html), dan
- TREE (https://cran.r-project.org/web/packages/tree/index.html)```
We'll keep updating this post.

No comments: